Kamis, 10 November 2011

Bla bla bla bla


Sebuah pembicaraan biasa dengan Fany, salah satu anggota Anonym, band hardcore asal kota pontianak. Dari beberapa lagu mereka yang sering saya dengarkan. Saya ingin mengetahui lebih lanjut lagi. Berhubung saya bekerja di sebuah media surat kabar, saya mengontak mereka. Dan bertemulah dengan seorang anggota Anonym yang disapa akrab dengan nama, Fany. Sebenarnya interview ini sudah terbit duluan di media surat kabar tempat saya bekerja. Seperti cemilan murah meriah, iseng iseng berhadiah. saya posting interview ini tanpa mengubahnya sedikitpun.





Bisa kita mulai sekarang?.

Ya, tapi kau jangan serius seperti itu. Jangan buat aku takut menjawab pertanyaanmu.

Hahahaha, anda punya banyak waktu?.

Tidak, maksudku tidak sedikit. Aku tahu ini cukup genting. 

Maksud anda genting?.

Ya genting, karna kalau isi halaman surat kabarmu kurang, dan kau sudah kehabisan berita. Terbitkan interview ini, tidak masalah kalau kau terpaksa.

Hahahaha masih lelucon yang sama. Jadi bagaimana awalnya band ini terbentuk?.

Aku sampai saat ini tak percaya, kalau Anonym masih sebuah band. Kami ini orang orang frustasi, seharusnya kami sudah mampus. Seharusnya Anonym sudah bubar bahkan sebelum terbentuk. Tapi inilah realitas yang sudah kami dapati, sebagai kolektif. 

Hahahaha, ada penepatan di tanggal?.

3O september 2O11. 

Tanggal band ini terbentuk?.

Bukan. 

Jadi, 3O september itu?.

Kami sendiri tak tahu pasti kapan anonym terbentuk, 3O september itu gagasanya. 

Dari 2O11 sampai sekarang, ada ganti personil?.

Tidak, aku berharap tidak akan ada, loyalitas lebih dibutuhkan daripada kemampuan bermusik, bukan berarti juga lagu tidak penting. 

Apa arti dari Anonym dan darimana nama tersebut?.

Seperti yang diketahui Anonym berarti tanpa nama. Anonym adalah hasil kebingungan kami untuk menamai sebuah band. Mewanti wanti agar sinkron antara lagu dengan nama band. Mengingat ada sebuah band, boyband maksudku. Yang namanya smash atau pukulan, tapi coba dengar lagunya, itu tidak sinkron, dan bisa menyebabkan muntah. Jadi kupilih Anonym saja, tanpa nama. 

Hahahaha, anda yang menamai band ini Anonym?.

Ya. 

Memainkan genre hardcore, ada pengaruh tertentu untuk setiap lagu lagu Anonym?.

Pasti ada. 

Seperti apa?.

Hatebreed, crackdown, slayer, aura kasih dan kebanyakan band band hardcore latin dan eropa, sedikit riif death metal, thrash metal, stoner, punk seperti , Discharge, MDC, Bad Religion ya banyak lah. Semua itu berpengaruh pada basic kami. 

Aura kasih, apa pengaruhnya?.

Ah. Dia tidak mempengaruhi musik kami, tapi pikiran kami. 

Hahahaha. Saya dengar dengar kemaren ada yang bilang kalau Anonym itu metal, asumsi anda?.

Hahahaha bedebah, mungkin. 

Agenda dalam waktu dekat, even, gigs?.

Belum ada, adapun belum tentu kami main.

Proses penggarapan album, ada trek terbaru?.

Ya, selain masih bernafas kami juga masih ikthiarkan untuk merilis album secepatnya. ada, Lawan Tiran. 

Trek ke berapa?.

Empat, dari ke enam trek, setengah trek EP kami. 

Dari trek yang sudah saya ketahui, bisa anda jelaskan tentang judul judulnya itu?.

Masih dalam format yang sama, judul meringkas isi. Cukup bandnya saja yang tanpa nama. Kalau lagunya tanpa judul, mungkin besok aku tanpa nyawa. 

Hahahaha. Anda bilang judul meringkas isi, saya baca, kata kata di judul dan isinya hampir sama. Dari mana referensi lirik yang anda tulis, dan penulisanya?.

Inilah jaman selamatkan diri selagi bisa lari. Kau bisa menulis dari mana saja. 

Sosial politik?.

Itu kembali pada para pendengar dan pembaca. Aku hanya sedikit menambahkan. Aku contohkan, kalau aku bilang, mereka seperti anjing. Bukan berarti aku suka berucap kata kata kotor, tapi dunia ini memang kotor. 

Mereka siapa?.

Yah banyak, bisa jadi kau, atau aku. 

Hahahahaha, apa pesan yang anda sampaikan dari setiap lirik lagu Anonym?.

Kalau kau di serang, maka itulah alasan mengapa kau melawan.

Setiap band pasti ada karakter tertentu, apa tema atau draft yang di angkat Anonym?.

Katakanlah punk seperti MDC, grup musik asal san francisco california ini, dan banyak lagi punk lainya. Lagipula hardcore juga berangkat dari punk, itu tipikal, punk tak dapat di pisahkan dari musik hardcore. 

Anda yang menulis lirik?.

Ya. 

Anda "penulis"?.

Bukan, aku perokok. 

Hahahahaha. Ini sudah akhir 2O13, bagaimana draft Anonym untuk 2O14?.

Tetap pada ikthiar untuk merilis album, dan seperti yang untunk katakan, manggung, mungkin juga dengan merch seperti kaos, bandana, bikini dan bra. 

Bikini dan bra?, anda serius?.

Aku ingin serius. 

Hahahaha. Kalau mayor lebel tertarik pada Anonym?.

Aku berharap tidak, disini otoritas kami, beberapa paradoks membuat kami tumbuh bersahabat dan menjadi kuat. Di bawah sebuah dunia, dunia yang terbuang, tapi juga menyimpan kehidupan. Saat ini bertahan hidup menjadi lebih subyektif. 

Berdiri sendiri, independen?.

Aku punya harapan seperti itu, meski ini jaman mie instan, tak semuanya instan.

Hahahaha, semoga album Anonym bisa cepat rilis. Ada sedikit ucapan untuk akhiran ini?.

Ya, mereka seharusnya bisa membedakan. Yang mana pejabat dan yang mana penjahat.

Maksud anda pejabat dan penjahat itu sama?.

Ah, itu hanya pikiranmu saja , mungkin pikiranku juga.







Hahahahaha, inilah mengapa saya tertarik untuk mewawancarai mereka, anonym. Dari apa yang saya dengar, yang saya baca dan dari interview ini. Di tengah realitas serius yang mereka hadapi, mereka tak pernah kehilangan selera humornya. Tak perlu terlalu stres, tak perlu terlalu menjadikanya beban.
Let's share 
http://www.reverbnation.com/anonymofficial
@ANONYM_HARDCORE
@ObyAmanda
ellarip@yahoo.com (FanyDogs)











Interview oleh O. Amanda



































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar